cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
nataliarosalinarawa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jipcb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 23555106     EISSN : 26206641     DOI : https://doi.org/10.38048/jipcb
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan luar biasa.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2020)" : 10 Documents clear
EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA KLUB PSN NGADA Yanuarius Ricardus Natal
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.76 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.57

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mengevaluasi antecendent, transaction dan outcomes program pembinaan prestasi klub sepak bola PSN Ngada. Penelitian ini dilakukan di klub PSN Kabupaten Ngada. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi program menggunakan metode kualitatif dengan model pendekatan yakni evaluasi countenance model. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini pada tahapan evaluasi antecendent telah dilaksanakan dimana klub PSN telah memiliki visi dan misi klub dan program kerja. Evaluasi tahapan transaction telah dilaksanakan terlihat dari terseleksinya pelatih yang sudah memenuhi syarat minimal melatih di klub, serta dimilikinya standar penerimaan calon atlet sepak bola klub PSN Ngada melalui tahapan seleksi serta mekanisme perekrutan yang baik, hanya pendanaan saja masih mengalami kesulitan anggaran. Aspek ini juga berdampak pula pada tahapan outcomes atau hasil dimana prestasi klub PSN Ngada dalam kurun waktu empat tahun terakhir mengalami ketidakstabilan prestasi.
PENGEMBANGAN MATERI AJAR PENDIDIKAN NILAI BERBASIS FOLK SONG “TEKE” UNTUK MENDUKUNG PENGHAYATAN TERHADAP NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA PADA SISWA SMP Florentianus Dopo; Konstantinus Dua Dhiu
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.012 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.58

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan sebuah produk materi ajar pendidikan nilai berbasis seni musik lokal sebagai media untuk mendukung proses internalisasi nilai-nilai luhur pancasila bagi siswa SMPN. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan ADDIE yang terdiri 5 tahap pengembangan bahan ajar yakni 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN Satap 3 Jerebuu, Kabupaten Ngada. Hasil dari penelitian ini adalah 1) uji coba ahli materi memperoleh skor pada kategori baik (4,11), 2) guru matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan juga berada pada kategori baik (3,77), dan 3) siswa berada pada kategori sangat baik (4,23), sehingga rata-rata memperoleh 4,03 (Baik). Berdasarkan hasil uji coba tersebut, maka materi ajar yang dikembangkan ini layak untuk digunakan untuk siswa SMP.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ARIAS MATERI TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Bernabas Wani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.801 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan LKS materi teknik dasar permainan tenis meja yang dapat sesuai dengan karakter siswa Menengah Pertama kelas VII Kabupaten Ngada-Nusa Tenggara Timur, (2) untuk mengetahui hasil uji produktivitas pengembangan Lembar Kerja Siswa materi teknik dasar permainan tenis meja siswa sekolah Menengah Pertama Kabupaten Ngada. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada SMP Citra Bakti Kabupaten Ngada Lembar Kerja Siswa materi teknik dasar permainan tenis meja ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima langkah adalah: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evalution. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah Lembar Kerja Siswa materi teknik dasar permainan tenis meja berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh para ahli dan siswa sebagai pengguna produk yang dikembangkan adalah sebagai berikut hasilnya.(1) uji coba yang dilakukan oleh para ahli konten/isi ada pada kategori sangat baik, (2) uji coba oleh ahli bahasa ada pada kategori sangat baik, (3) uji coba yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran pada kategori baik, (4) uji coba ahli desain pembelajaran pada kategori baik, (5) uji coba siswa sebagai pengguna produk ada pada kategori sangat baik. maka, pengembangan Lembar Kerja Siswa materi teknik dasar permainan tenis meja ini layak digunakan pada siswa sekolah menengah pertama untuk dijadikan media dalam penunjang pembelajaran di sekolah.
IDENTIFIKASI MAHASISWA UNDERACHIEVER (STUDI KASUS PADA MAHASISWA SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA) Kariamin Dalimunthe
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.367 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.62

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan faktor-faktor dan penyebab mahasiswa underachiver pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model pendekatan penelitian studi kasus. Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa saintek UIN Sunan Kalijaga, yang terindikasi mengalami underachiever. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab underachiver ini sangat kompleks mulai dari masalah keluarga, teman sebaya, psikologis, fasilitas kampus, kurangnya motivasi serta game online. Mahasiswa underachiever sejatinya adalah individu yang berbakat atau memilki potensi lebih, namun mengalami permasalahan sehingga tidak bisa menunjukan prestasinya dengan baik. Telah banyak penelitian-penelitian sebelumnya mengenai anak underachiever namun belum sepenuhnya memperjelas fenomena tersebut apalagi dikalangan mahasiwa, sehingga perlu dilakukan indentifikasi lebih lanjut. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui penyebab permasalahan mereka, hasil ini diharapkan bisa dipakai oleh para pelaku dan mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan dengan tujuan bisa mengoptimalkan potensi yang mereka miliki.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA EDMODO I Ketut Suparya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.774 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.63

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media edmodo, 2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media edomodo, 3) untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terkait penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media edomodo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ini seluruh mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja sebanyak 20 orang mahasiswa. Obyek penelitian adalah motivasi belajar mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA SD. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) terjadi peningkatkan motivasi belajar mahasiswa dari 66,27% pada siklus I menjadi 82,25% pada siklus II, atau peningkatan sebesar 15,98% berada pada kategori baik, 2) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari 69,50% pada siklus I menjadi 84,40% pada sisklus II atau peningkatan sebesar 15% berada pada kategori baik, 3) persentase rerata respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran sebesar 80,10% berada pada kategori baik.
EFEKTIVITAS TUTORIAL PENYELESAIAN SOAL UJIAN NASIONAL TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA Sebastianus Fedi; Valeria Suryani Kurnila
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.086 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan persiapan UN terhadap hasil UN matematika di SMP Bintang Timur Ruteng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pada sampel tunggal. Populasi penelitian adalah 32 siswa peserta UN asal SMP Swasta Bintang Timur, tahun ajaran 2017/2018. Sampling bersifat jenuh, di mana seluruh 32 anggota populasi dilibatkan sebagai sampel. Hipotesis penelitian diuji dengan uji , di mana vs Nilai adalah nilai rataan UN matematika SMP Swasta Bintang Timur tahun ajaran 2016/2017, dengan varians 53,67; yang dipakai sebagai nilai acuan untuk membandingkan efek bimbingan khusus UN terhadap hasil UN tahun berikutnya, yaitu tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rataan UN tahun 2017/2018 adalah 50,39 dengan varians 234,42. Diperoleh statistik sedangkan . Sehingga ditolak, tetapi diterima. Artinya, ada pengaruh positif dan sangat signifikan bimbingan khusus terhadap hasil UN matematika. Dalam hal ini, bimbingan khusus penyelesaian soal UN efektif meningkatkan hasil UN matematika di SMP Bintang Timur Ruteng.
PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI PADA TAMAN KANAK-KANAK ADE IRMA MATALOKO KABUPATEN NGADA) Efrida Ita
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.736 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kondisi guru TKK Ade Irma, 2) pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru TKK Ade Irma, 3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru TKK Ade Irma, dan 4) upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru di TKK Ade Irma. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan 2 orang guru. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan komponen-komponennya, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data ditentukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi guru di TKK Ade Irma dilihat dari kualifikasi belum memenuhi standar. Sejumlah 2 orang guru lulusan SMU dan SMEA, 2) pelaksanaan kegiatan pengembangan profesionalitas guru belum direncanakan secara baik. Kegiatan yang telah dilaksanakan berupa kelompok kerja guru dan supervisi akademik, sedangkan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya tidak diikutsertakan karena beberapa hambatan, 3) hambatan-hambatan tersebut antara lain minimnya bentuk-bentuk kegiatan bagi pendidik PAUD, ketiadaan dana dari lembaga, dan 4) Upaya-upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan-hambatan tersebut antara lain memberi dana bersifat pinjaman kepada guru sebagai kontribusi peserta dalam kegiatan oleh kepala sekolah, menyarankan kepada pihak dinas pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan atau program terutama bagi pengembangan guru PAUD, membuat perencanaan pelaksanaan pengembangan profesionalitas dan diusulkan kepada pihak yayasan, memberi penegasan dan himbauan melalui rapat komite berkaitan dengan pembayaran uang sekolah anak.
PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA Ganjar Setyo Widodo; Kharisma Sita Rofiqoh
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.16 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.67

Abstract

Sebagaimana peserta didik, pengembangan guru juga perlu dilakukan apalagi seorang guru sebagai pendidik profesional bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Seorang Guru professional di era milenial atau Generasi Alpha, tidak cukup hanya mengusai kompetensi guru yang empat, yakni kompetensi pedagogik kepribadian professional dan sosial. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mengharuskan seorang guru menjadi bagian dari kemajuan teknologi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Penelitian deskriptif analitis mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Hasil dan temuan memperlihatkan bahwa guru sebagai generasi Alpha kita harus memberikan teknik-teknik pendekatan yang sesuai dengan zaman sekarang. Guru dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi sehingga dalam proses pembelajaran di kelas dapat di terima dan diikuti oleh peserta didik sekaligus dapat memanfaatkan potensi yang sudah dimiliki peserta didik. Guru harus banyak belajar bagaimana mengajar, yaitu tentang bagaimana lebih banyak mendesain sejumlah aktivitas atau model pembelajaran yang cocok untuk generasi Alpha.
KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PROSES MENGGUNAKAN SUPLEMEN LKS Ummu Aiman; Sunimbar
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.641 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara kelas siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan suplemen LKS dan kelas yang pembelajarannya menerapkan metode konvensional pada materi selalu berhemat energi kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan desain post-test only control group design. Data keterampilan proses sains diperoleh melalui tes. selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa thitung = 50,943 dan ttabel = 4,00 taraf 5%. Berati thitung > ttabel, maka diinterpretasikan terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memakai suplemen LKS dan kelas pembelajaran metode konvensional. Rerata hasil post-test keterampilan proses, berada pada kategori sangat tinggi dengan Mean 74,44 pada keompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol di kategori sedang dimana hasilnya Mean 64,91. Disimpulkan model inkuirii terbimbing menggunakan suplemen LKS meningkatkan keterampilan proses sains siswa materi selalu berhemat energi kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang.
HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR Merna Mangero; Elsye Jesti Mutji
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 7 No 1 (2020)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.087 KB) | DOI: 10.38048/jipcb.v7i1.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif korelasional, sehingga analisis data menggunakan pendekatan statistic yang disebut analisis deskriptif dan teknik korelasi Kendall dengan menggunakan SPSS 16. Pengumpulan data menggunakan kuisoner model skala Lickert dan dokumen laporan pendidikan semester. Berdasarkan hasil analisis deskriptif ditunjukkan rata-rata mean harga diri adalah 55,54 dengan standar deviasi 13,43 sehingga variabel harga diri berada pada kategori tinggi. Kemudian mean dan standar deviasi prestasi belajar bahasa Indonesia siswa adalah 75,63 dan 3,28 yang artinya prestasi belajar bahasa Indonesia siswa berada pada kategori baik. Hipotesis yang menggunakan korelasi Kendall menunjukkan bahwa hasil koefisisen korelasi adalah 0,487. Hal ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang positif antara harga diri dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas SD. Oleh sebab itu, berdasarkan hasil uji signifikansi korelasi nilai r hitung adalah 0,487 dan nilai rtabel dengan nilai signifikansi 5% adalah 0,422 yang artinya rhitung > rtabel. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara harga diri dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas SD signifikan yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesisnya adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara harga diri dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas SD dan hal itu dapat dibuktikan atau diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 10